Kamis, 08 Desember 2016

Nama Asam Pedas Berdasarkan Asal Daerah


Jika kita perhatikan, asam pedas ternyata memiliki banyak keunikan. Selain rasa yang menggoda selera, varian bumbu dan jenis ikan yang digunakan juga menarik untuk diketahui. Selain itu asam pedas ternyata memiliki nama berbeda di beberapa daerah di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, meski belum dipastikan daerah asal masakan asam pedas, menu masakan ini disebut-sebut sebagai masakan khas Melayu dan Minangkabau. Kemudian menyebar ke beberapa daerah lain.
Ikan Asam pedas khas Pontianak Pondok Ale Ale
Ikan Asam pedas khas Pontianak Pondok Ale Ale
Di beberapa derah di Indonesia, masakan ikan asam pedas dijadikan sebagai makanan khas. Sejumlah rumah makan dan restoran juga menjadikannya sebagai menu andalan. Tidak hanya di negeri sendiri, masakan tradisional itu juga menjadi favorit di Negara tetangga. Bahkan ada yang mengatakan bahwa sangat mudah untuk menemukan masakan ini di sana. Sebab hampir semua kedai kakanan menyediakannya.
Menu asam pedas menjadi makanan khas di beberapa derah karena racikan bumbu yang berbeda. Maka dari itu asam pedas dikaitkan dengan sebuah daerah, misal ikan asam pedas Pontianak, artinya masakan asam pedas khas dari Pontianak. Meski sama-sama mengusung nama asam pedas, nyatanya rasa masakan di tiap-tiap daerah berbeda. Itu disebabkan racikan bumbu yang disesuaikan dengan daerah masing-masing.
Tidak hanya itu, nama asam pedas di beberapa daerah ternyata juga berbeda. Berikut adalah beberapa sebutan asam pedas di beberapa daerah.
Ikan Asam pedas khas Pontianak Pondok Ale Ale
Ikan Asam pedas khas Pontianak Pondok Ale Ale
Asam Pedas 
Dalam Bahasa Melayu, masakan yang berbahan dasar ikan ini disebut dengan asam pedas. Itu karena cita rasa dari kuahnya yang asam dan pedas, serta sedikit manis. Masakan ini dikenal sebagai masakan asam pedas di daerah Kepulauan Riau, Jambi, dan Semenanjung Malaya. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan ikan tongkol, kakap, gurame dan cumi-cumi.
Asam Padeh
Lain halnya dengan Melayu, dalam Bahasa Minangkabau masakan ini dikenal dengan sebutan asam padeh. Karena rasanya yang enak dan modah untuk menemukan bahan-bahan pembuatannya, makanan yang satu ini sangat mudah ditemukan hampir di semua rumah makan padang yang ada di Indonesia. Biasanya dihidangkan dengan tambahan yang berbeda-beda, sesuai dengan menu yang telah disiapkan oleh koki di rumah makan tersebut.
Asam Keueng
Di Aceh, masakan asam pedas dikenal dengan nama asam keueng. Berbeda dengan beberapa daerah lainnya, di sini asam pedas atau asam keueng tidak menggunakan sayuran. Masyarakat setempat lebih suka menggunakan ikan tongkol sebagai bahan utama dalam memasak asam keueng.

Ikan Asam pedas khas Pontianak Pondok Ale Ale
Ikan Asam pedas khas Pontianak Pondok Ale Ale
Nah itulah beberapa sebutan asam pedas di beberapa daerah yang berhasil dirangkum dalam tulisan ini. Harapannya semoga kita tidak salah saat ingin memesan menu asam pedas ketika berada di daerah lain. Ada yang punya sebutan lain? Ayo bagikan kepada kami.

Ingin coba yang asli Pontianak? mampir dan langsung icip ikan asam pedas khas Pontianak di Pondok Ale Ale sungguh menyenangkan. Lokasi santap yang luas dan bebas untuk memilih lokasi duduk yang nyaman membuat saya lebih leluasa. Silakan melakukan reservasi (0561) 740 789 atau datang langsung ke Jalan Putri Candramidi (Podomoro) no 10 pontianak atau bisa juga datang ke Pondok Ale Ale di A Yani Mega Mall Pontianak.


EmoticonEmoticon